Sabtu, 20 Agustus 2011

Anak LPSSA 2011

Workshop dokumenter dalam rangka Lomba Penggalian Sumber Sejarah Dalam Bentuk Audio Visual dilaksanakan di Gedung Art Cinema FFTV IKJ Jakarta mulai pukul 10.00 WIB. Kegiatan ini merupakan hajatan perdana dari Direktorat Nilai Sejarah, Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI yang bekerja sama dengan Institut Kesenian Jakarta (FFTV IKJ). Kegiatan ini juga didukung oleh beberapa pihak, diantaranya adalah www.filmpelajar.com, Metro TV, Beoscope dan XL.
Proses pembukaan diawali sambutan oleh Direktur Direktorat Nilai Sejarah, yaitu Bapak Drs. Shabri Aliaman, dilanjutkan dengan sambutan Rektor IKJ yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, yaitu Bapak Subarkah Hadisarjana, M.Sn., dan diakhiri oleh sambutan Dirjen Sejarah dan Purbakala, yaitu Ibu Aurora Tambunan sekaligus membuka secara resmi kegiatan workshop. Prosesi pembukaan juga dihadiri oleh Bapak Suryopratomo, Direktur Pemberitaan Metro TV yang sebelumnya merupakan Pemimpin Redaksi Harian KOMPAS, jajaran pimpinan Direktorat Nilai Sejarah, jajaran pimpinan FFTV IKJ dan guru-guru pendamping.
Peserta kegiatan workshop berasal dari 10 kelompok/sekolah yang masing-masing mengirimkan 3 pelajar. Jumlah total peserta workshop adalah 30 pelajar. Peserta merupakan hasil seleksi lebih dari 250 kelompok/sekolah se-Indonesia yang mengirimkan proposal ke panitia seleksi di Jakarta.


Peserta adalah para peneliti muda sejarah yang diharapkan ke depan mampu menjadi ahli-ahli sejarah sekaligus mampu membuat film dokumenter dari hasil penelitiaannya. Sedangkan pemateri workshop adalah ahli sejarah dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, DR. Agus Mulyana dan akademisi-praktisi film dari IKJ, yaitu Ki Hartanto, M.Sn., Bambang Supriadi, S.Sn., Tomy W. Taslim, M.Sn., serta dibantu tim pendamping lainnya.











0 komentar:

Posting Komentar