Sabtu, 20 Oktober 2012

Budaya Pengucapan Syukur di Manado


  Pengucapan syukur. Pengucapan syukur merupakan tradisi masyarakat Minahasa yang mengucap syukur atas segala berkat yang telah Tuhan berikan. Biasanya pengucapan syukur dilaksanakan setelah panen dan dikaitkan dengan acara keagamaan untuk mensyukuri berkat Tuhan yang dirasakan terlebih panen yang dinikmati. Acara pengucapan syukur ini dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat suku Minahasa pada hari Minggu umumnya antara bulan Juni hingga Agustus. Saat pengucapan syukur hampir setiap keluarga menyediakan makanan untuk para tamu yang akan datang berkunjung apa terlebih makanan khas seperti nasi jaha dan dodol.


  Pengucapan syukur adalah tradisi dan pesta warga Minahasa. Seperti setelah selesai panen, entah padi ataupun cengkeh. Kedua hasil pertanian inilah yang menjadi tolak ukur suatu daerah untuk menggelar Pengucapan Syukur. Menariknya, tak tanggung-tanggung semua desa di tanah Minahasa menggelar pesta Pengucapan Syukur tersebut. Namun demikian, untuk merayakannya, dipastikan banyak pengeluaran uang dalam rangka pesta orang Minahasa ini.


  Terkait dengan Pengucapan Syukur (PS) diatas, khusus warga Minsel, menjadi kebiasaan diminggu kedua bulan Juli. Bahkan, tak sedikit warga dari daerah lain akan berkunjung di Amurang dan Minsel pada umumnya. Begitupula dengan kecamatan lainnya di Minahasa bagian Tengah pun ikut merayakannya.


  Hanya saja, karena ini sudah membudaya. Maka, harus diakui kalau pesta ini harus ditopang dengan kebudayaan dan menjadi kalender pariwisata. Memang diakui, bahwa PS ini tak lain hanya berfoya-foya. Namun pula, ini sudah membudaya warga Minahasa secara umum. Jadi, tak pelak kalau Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Minsel jangan tutup mata dengan hal diatas,’’ Menjadi kebiasaan lain, menjelang PS para ibu-ibu (IRT) yang ada ternyata doyan menghabiskan uang di pasar. Apa pasal, seperti membeli apa saja yang mereka inginkan. Padahal, selain menyediakan penganan khas PS yaitu kue dodol dan nasi jahe. Itu sudah cukup, selain makanan ringan yang akan disajikan keluarga untuk menyambut keluarga dan sanak saudara serta rekan dan teman untuk mencicipinya.

Reverensi:
Klik Disini
Link Diakses pada Hari Rabu, Tanggal 10-10-2012, Pukul 18:25 WITA 

0 komentar:

Posting Komentar